expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Keep Calm And Always Support JKT48^_^

Rabu, 26 Februari 2014

Kepopuleran JKT48 Di Jepang

Kepopuleran JKT48 Di Jepang.


Sebagai sister group AKB48, apakah JKT48 punya fans di Jepang? Walaupun ini pertanyaan yang agak sulit untuk dijawab, tapi bukan berarti sama sekali tidak ada datanya. Menurut saya, fans JKT48di Jepang sedikit demi sedikit mulai bertambah jumlahnya. Ini berarti semakin banyak orang Jepangyang tertarik dengan JKT48. Buktinya adalah jumlah pengunjung dan tayangan laman blog saya!


Apa itu Blog Honnesia?

Lalu, mengapa blog ini bisa menjadi buktinya? Karena, kebanyakan pengunjung blog ini bisa dibilang merupakan fans JKT48 atau setidaknya orang yang tertarik dengan JKT48 di Jepang.


 Sumber Blog Honnesia :(インドネシア人の本音):


(Indonesia Jin no Honne : Suara Hati Orang Indonesia. lihat foto di atas)”. Honnesia, nama saya ini diambil dari kata “honne” yang berarti “suara hati” dalam bahasa Jepang dan kata “Indonesia”. Awalnya saya berniat memperkenalkan terjemahan trit dan komentar di Kaskus kepada orang Jepang sebagai “suara hati” orang Indonesia, tapi setelah beberapa saat berlalu, tujuannya berubah todal menjadi terjamahan aritkel JKT48.
Sumber Blog Honnesia :

Artikel Terbaru: Ghaidaaaa wkwkwkwkw


Artikel Terkait dengan artikel di atas

Selama setengah tahun ini setiap hari menulis blog bahasa Jepang tentang JKT48 di atas. Tujuannya tentu saja untuk memperkenalkan JKT48 (dan juga Indonesia) kepada mesyarakat Jepang. Karena itu, sekitar 90% isi blog saya adalah terjemahan dari Google+/Twitter member dan artikel tentang JKT48 yang dimuat di berbagai situs media Indonesia, seperti HAI, Detik, LangitBerita, Liputan6, KapanLagi.com, Gatra, Tempo, Kompas, dll (dan 10 % sisanya adalah artikel saya sendiri tentang JKT48, dan terjemahan dari trit Kaskus).


Kepopuleran JKT48 di Jepang – 10.000 Tayangan Laman / Hari

Nah, di sini kita kembali ke pertanyaan di atas: apakah JKT48 punya fans di Jepang? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita mencoba melihat perubahan jumlah tayangan laman blog saya selama ini.
Sumber Honnesia Jumlah Tayangan Laman pada April 2013:


Blog saya dimulai pada 1 April 2013. Saat itu, jumlah tayangan lamannya selama sekitar 4 minggu hanya 2446 kali saja (jumlah pengunjungnya juga hanya 952 orang). Tapi, sejak pertengahan bulan April itu, saya mulai lebih banyak menerjemahkan artikel JKT48 oleh media Indonesia dan menulis artikel sendiri tentang JKT48.




Sehingga pada bulan Mei, jumlah tayangan laman blog saya tiba-tiba meningkat. Ternyata jumlahnya tercatat 134.829 kali selama sebulan, kira-kira menjadi 50 kali lipat daripada bulan April (jumlah pengunjungnya 43.512 orang).



Sejak tema blog saya berubah menjadi JKT48, tayangan laman blog saya semakin bertambah jumlahnya. Untuk data terbaru, yaitu jumlah tayangan laman pada bulan September lalu mencapai 319.773 kali (jumlah pengjungnya 98.023). Ini berarti, setiap hari sekitar 3000 orang yang berkunjung ke blog saya, dan juga ada 10.000 tayagan lamannya per hari.

94% Pengunjung dari Jepang

Terkait dengan ini, beberapa hari yang lalu, saat saya ngetwit ttg jumlah tayangan laman blog saya di atas, ada beberapa teman yang bertanya “tapi, jumlah pengunjung itu kebanyakannya dari Indonesia kan?”. Untuk jawabannya, silakan lihat data di bawah ini:
Sumber Honnesia:94% Pengunjung dari Jepang:


Sekitar 94% pengunjung blog saya dari Jepang, dan pengunjung dari Indonesia hanya 4% saja. Menurut saya, hasil ini wajar saja karena saya menulis semua artikel dalam bahasa Jepang. Bagaimanpun juga, pembaca blog saya bisa dibilang hampir semuanya dari Jepang.

Kesimpulan

Penilaian mengenai jumlah pengunjung blog saya terserah pada teman-teman, tapi apa yang ingin saya sampaikan dalam thread ini adalah, walau langkahnya perlahan tapi sedikit demi sedikit fans JKT48 mulai bertambah jumlahnya di Jepang. Bukan hanya di Indoneisa saja, tapi fans di Jepang juga mendukung JKT48, itu pasti!

Oiya, satu lagi. Akhir-akhir ini, semakin banyak orang Jepang yang kasih komentar di blog saya di atas. Di antaranya, lewat JKT48 ada yang tertarik dengan budaya Indonesia, ada yang berkomunikasi dengan fans Indonesia dengan bahasa Inggris, bahkan ada juga yang mulai belajar bahasa Indonesia! Ini semuanya karena ada JKT48.

Sebagai seorang fans JKT48 dari Jepang, saya harap JKT48 bisa menjadi salah satu pintu masuk untuk mengenal Indonesia bagi orang Jepang, dan juga bisa menjadi "jembatan" di antara kedua negara tersebut, yaitu Indonesia dan Jepang.


Sekian dan terima kasih. Salam hangat dari Jepang. Honnesia.

Sumber Honnesia : Artikel Terpopuler di Blog Honnesia:




Inilah artikel terpopuler di blog Honnesia! Artikel tentang "Hitam Putih" yang disiarkan pada 23 Mei 2013 ini sampai saat ini tercatat sekitar 30.000 tayangan laman. Mungkin pembaca blog aku semuanya tahu apa itu "Hitam Putih" dan siapa itu "Om Botak" hehehehe:P
Ganbatte...!!!!!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar